Apa itu editor dan apa fungsinya?

No Comments

Editor, jika Anda dapat menyebut diri Anda kartunis Indonesia, Anda kartunis atau kartunis, apa yang Anda gambar? Mereka biasanya bekerja untuk membuat gambar teknis, seperti arsitektur, sipil, mekanik, listrik, aeronautika dan lainnya. Sebelum ditemukannya komputer dan program komputer untuk menggambar, pertama menggambar ini dilakukan secara manual menggunakan meja gambar, penggaris, pensil, penghapus, pena cepat (salah satu produk disebut Rotring dengan ketebalan yang bervariasi. mulai dari 0,1 mm hingga 2 mm), kertas putih dengan berbagai ukuran, dari A4 hingga A0, tracing dan perangkat gambar lainnya. Sekarang masih ada orang yang menggambar dengan alat tradisional ini, tetapi jumlahnya sedikit, biasanya di lembaga pendidikan seperti sekolah kejuruan (sekolah menengah kejuruan) dan universitas yang masih mengharuskan siswa untuk belajar menggambar secara manual, ada juga orang yang masih tua Kuno atau mereka yang terbiasa menjaga kebiasaan menggambar secara manual atau yang tidak ingin belajar komputer. Untuk menggambar manual ini, tingkat kesulitannya lebih tinggi, tidak semua orang bisa pandai menggambar dengan baik atau mengambil risiko jika ada kesalahan besar.

Editor perempuan

Pada 1980-an, ditemukannya program komputer untuk menggambar teknik dengan nama CAD (Computer Aided Design) program komputer untuk menggambar desain produk dengan hasil berupa garis dan simbol yang memiliki makna tertentu , hasil akhir dari produk gambar ini dapat memiliki 2 dimensi atau 3 dimensi dari produk ini, gambar menghasilkan kualitas yang lebih detail, teratur dan cepat. Dengan program CAD ini, Anda dapat membuatnya lebih mudah bagi seorang kartunis untuk menggambar, bahkan orang yang bukan ahli menggambar dapat menjadi kartunis yang hebat setiap kali ia ingin mempelajari program Cad dan memahami teknik yang akan ia gambar.

Setelah menggunakan program Cad, artis juga bisa disebut operator CAD atau orang yang belajar atau bekerja secara khusus untuk menggambar 3 dimensi yang disebut Artis 3D.

Editor atau operasi operator cad

Pekerjaan editor biasanya di bawah arsitek, perancang atau insinyur, dengan keterampilan menggambar ini, editor dapat membantu arsitek, perancang atau insinyur untuk membuat produk menggambar dengan cepat, terutama dalam proyek besar atau proyek yang menjalankan editor “keberadaan diperlukan”, bisa menjadi ujung tombak yang akan menentukan keberhasilan proyek.

Contoh Tugas

Sebagai contoh, seorang arsitek merencanakan bangunan atau rumah dari data yang telah dikumpulkan dengan konsep yang telah dibuat dapat berupa sketsa atau gambar manual dan kemudian dikirim ke editor, tugas kartunis adalah membuat gambar. mulai dari gambar rencana kerja hingga selesai. Editor yang berpengalaman dapat menguasai representasi yang diperlukan. Seperti gambar kerja untuk workshop, gambarlah gambar sesuai dengan kondisi lapangan dan gambar akhir / gambar yang dibangun.

Saat ini, kadang-kadang pekerjaan arsitek tidak hanya untuk mendesain, tetapi juga dapat berfungsi sebagai editor tergantung pada perusahaan atau pekerjaan yang masih dapat dilakukan arsitek.

Harus dimiliki

Keterampilan apa yang harus dimiliki seorang editor? Editor harus dapat atau mengetahui teknik dan jenis bahan sesuai dengan bidang pekerjaannya. Penguasaan dan kemampuan menggambar dengan perangkat lunak sesuai dengan bidang pekerjaan Anda, misalnya, AutoCad 2D untuk pekerjaan menggambar dua dimensi. Autocad 3D untuk membuat produk tiga dimensi juga dapat ArchiCad, 3d max, sketchup dengan perangkat lunak pendukung lainnya seperti Photosop, Corel Draw. Program komputer lain yang mungkin dibutuhkan editor.

Pendidikan yang dibutuhkan

Pendidikan untuk editor dapat bervariasi terutama dari SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), D3 atau S1 juga tergantung pada perusahaan, asalkan dapat bekerja dengan baik dan profesional. Pelajari program Cad atau Autocad dan program lain yang diperlukan.

Selain bekerja di perusahaan, terkadang editor memiliki proyek paruh waktu atau penuh waktu yang bebas dari aturan perusahaan saat membuka layanan editor lepas sendiri atau sebagai tim.

Jadi, bagi Anda yang ingin menjadi kartunis, Anda setidaknya dapat pergi ke sekolah menengah profesional di sekolah kejuruan, yang mengkhususkan diri dalam teknik, gambar konstruksi atau spesialisasi teknik lainnya sesuai dengan minat Anda. Kuasai atau pahami rekayasa yang diajarkan oleh sekolah dan kemudian pelajari setidaknya program CAD, seperti Autocad dua dimensi, hingga mereka kompeten dalam belajar Autocad tiga dimensi, karena sebagian besar yang diperlukan di perusahaan adalah kartunis dua dimensi.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *